Fondasi Transformasi Dalam Islam Perspektif Tafsir Tarbawi
Pengertin Tafsir Tarbawi, Jenis Tafsir Tafsir, Sejarah Perkembangan Tafsir, Urgensi Tafsir Tarbawi.
DOI:
https://doi.org/10.69880/alfurqan.v11i2.171Keywords:
Tafsir, tarbawi, fondasi islami, transformasiAbstract
The Qur'an is the holy book of Muslims whose authenticity and purity are undoubted in understanding the Qur'an, which emphasizes concepts in the context of education, morality, and humanity. Hence the term tafsir pendidikan (tafsir tarbawi) approaches the Qur'an from an educational point of view. The purpose of this study is to discuss aspects of education and character development that play an important role in producing a generation that not only understands religious teachings intellectually but also instills ethical and ethical values in daily life. This research method uses information and data analysis in library research. The study results show that the history of Tafsir Tarbawi shows how this learning method has changed from ancient times to the present, as well as how this approach has adapted to the development of society and the educational needs of today's society. And the importance of understanding the interpretation of Tarbawi when facing contemporary educational challenges such as globalization, changing values, and technological advancements. This study concludes that To answer these challenges, we need to understand and integrate the three elements of Tarbawi interpretation in the Islamic religious education curriculum. This is expected to provide a comprehensive, detailed, and appropriate solution to train individuals not only to have broad knowledge but also to have strong morals and noble character.
Al Qur'an sebagai kitab suci umat islam yang mana keasliannya dan kemurniannya sudah tidak diragukan lagi. Dalam memahami Al-Quran yang menekankan konsep dalam konteks pendidikan, moralitas, dan kemanusiaan. maka menggunakan istilah tafsir pendidikan (tafsir tarbawi) yang mendekati Al-Qur'an melalui sudut pandang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas aspek pendidikan dan pengembangan karakter yang berperan penting dalam menghasilkan generasi yang tidak hanya memahami ajaran agama secara intelektual, namun juga menanamkan nilai-nilai etika dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan Analisis informasi dan data dalam penelitian pustaka (library research ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah Tafsir Tarbawi menunjukkan bagaimana metode pembelajaran ini mengalami perubahan dari zaman dahulu hingga saat ini, serta menunjukkan bagaimana pendekatan ini telah beradaptasi dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan pendidikan masyarakat saat ini. Dan pentingnya pemahaman interpretasi Tarbawi dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer seperti globalisasi, perubahan nilai-nilai, dan kemajuan teknologi. Simpulan dari penelitian ini adalah Untuk menjawab tantangan tersebut, kita perlu memahami dan memadukan elemen ketiga tafsir Tarbawi dalam kurikulum pendidikan agama Islam. Hal ini diharapkan dapat memberikan solusi yang komprehensif, rinci dan tepat untuk melatih individu tidak hanya berilmu luas namun juga memiliki akhlak yang kuat dan berakhlak mulia.
Downloads
References
Hasanudin, A.S., & Zulaiha, E., Hakikat Tafsir Menurut Para Musafir, Jurnal Iman dan Spiritualitas, eISSN; 2775_4596, vol 2, 2022, PP. 203-210
Alwizar, dkk, Analisis Systematic Literature Review Tafsir Tarbawiy Implementasi, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), vol. 7, No. 4, 2021, pp. 729-737
Ambarwati, TAFSIR TARBAWIY, Jurnal Ilmu Hadist Fakultas Ushuluddin dan Arab, Universitas Islam Negeri Sutan Maulana Hasanuddin, Banten
Humairah, A.E., dkk, Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur'an
Badruzzaman M. Yusuf, TAFSIR TARBAWIY, Juni 2016 Al-Bayan Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir 1(1):1-7.
Munir, Ahmad, TAFSIR TARBAWIY mengungkap pesan Al-Qur'an tentang pendidikan. ( Ponorogo : Peneriat STAIN, 2007) Hal 4-6
Surahman, Cucu, TAFSIR TARBAWIY di Indonesia ( Pati : Maghza Pustaka) Hal 101-103
Muhammad, H.N., URGENSI TAFSIR TARBAWIY DALAM PENDIDIKAN, al-muhafirz ; Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir vol. 1No. 1(2021), pp. 1-14
Hardiono, SUMBER ERIKA DALAM ISLAM, Jurnal al-Aqidah: Jurnal Ilmu Aqidah Filsafat, vol. 12, Edisi 2, Desember 2020, hal 26-36
Baidan, Nasaruddin, Perkembangan Tafsir Al-Qur'an di Indonesia, (Indonesia; tiga serangkai pustaka mandiri, 2003) hal 10-12
Agustina, N.M., dkk, PEMAHAMAN MAKNA DAN RELAVANSI AYAT-AYAT PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF TAFSIR TARBAWIY, Jurnal Perspektif Agama dan Identitas, vol. 9, no. 1 Tahun 2024.
Farhatani, Reyza, & Aceng Kosasih, METODE TAFSIR TAHLILI DALAM PENGEMBANGAN TAFSIR TARBAWIY, Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7 , No. 11, November 2022
Daulay, S.S., dkk, Pengenalan Al-Qur'an, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Maret 2023, 9(5), 472-480.
Baroroh, Umi, & Mikyal Hardiyati, Pendidikan Perspektif Al-Qur'an ( study Tafsir Tarbawiy Karya Ahmad Munir), Jurnal Penelitian, vol. 9, no. 1 Tahun 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 4uli4 auia, Fatkhul Huda Fatkhul Huda, Rohmayanti Rohmayanti , Ana Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.