PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI PRODI PBA STAIN MANDAILING NATAL
PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI PRODI PBA STAIN MANDAILING NATAL
DOI:
https://doi.org/10.69880/alfurqan.v9i2.64Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran istima’dengan menggunakan media youtube di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Mandailing Natal serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dan wawancara. Objek penelitiannya adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Mandailing Natal semester tiga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa vidio-vidio yang terdapat di youtube dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran istima’ dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Diantara kelebihannya media youtube adalah praktis dan bisa diakses oleh siapa saja, mudah disebarluaskan, media yang menarik dan tidak membosankan bagi mahasiswa, gambar yang terdapat dalam vidio youtube membantu pemahaman isi atau materi, serta bervariasinya konten yang ada seperti lagu, film, iklan dan berita berbahasa Arab, dan sebagian vidio youtube dilengkapi dengan terjemahan dan/atau teks untuk membantu memahami mufradat baru. Diantara kekurangannya adalah ketergantungan pembelajaran dengan kuota internet, karena sebagian besar materi pembelajaran yang didapat dari Youtube tidak bisa didownload. Selain itu, sinyal yang lemah atau bermasalah bisa mengganggu aktifitas pembelajaran secara langsung, iklan yang sering muncul tiba-tiba juga mengganggu konsentrasi peserta didik dalam menyimak materi yang sedang dipelajari. Serta kendala teknis lainnya yang tak terduga karena kurangnya sarana dan prasarana.
Kata kunci: pembelajaran, maharah istima’, youtube.
Abstract
This research aims to observe the learning process of Arabic Listening Skill by using YouTube in Arabic Teaching Department at STAIN Mandailing Natal and find out its advantages and disadvantages.
This research is a descriptive study and using a qualitative approach. Data was collected using observation and interviews. The object of his research was third semester of Arabic Teaching Department at STAIN Mandailing Natal.
The results of the study show that the videos on YouTube can be used as interesting learning media in Arabic Listening Skill learning with its own advantages and disadvantages. Among the advantages of Youtube as learning media are practice and accessable by anyone, shareable, Youtube, which is audio-visual in nature, is more interesting and less boring for students, the pictures in video help students to understand content or material,, the existing content has many variations such as songs, films, advertisements and news in Arabic, and some youtube videos are equipped with translations and/or text to help understand new vocabularies.
Among the disadvantages is the dependence of learning on internet quota, because most of the learning materials obtained from Youtube cannot be downloaded. In addition, slow or problematic signals can interfere the learning activities, advertisements that often appear suddenly also distrub the concentration of students in listening to the material of study. Other unexpected technical obstacles due to lack of utility and infrastructure.
Keywords: learning, arabic listening skill, youtube.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Isra Hayati Darman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.