Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.69880/alfurqan.v10i2.71Keywords:
Ask to Learn, Islamic Religious Education, Teacher GenderAbstract
Abstract
This research departs from the background that a student's learning interest is the most important factor in achieving the learning process. So a teacher must have the ability to increase student interest in learning, in this case there are also factors that affect interest in learning one of which is the influence of teacher gender differences, because male and female teachers have differences in terms of personality and way of thinking This research aims to obtain an overview of the effect of teacher gender differences on student learning interest. The population of this study were all students of SMPN 4 Amuntai, totaling 306 students with a sample of 48 people. The research method used quantitatively using a questionnaire method using the product moment correlation formula. The results of this study indicate that Ha is accepted, that there is a significant influence between differences in teacher gender on students' learning interest in Islamic Religious Education subjects at SMPN 4 Amuntai with moderate correlation. With calculations using the product moment correlation formula of 0.59 with a moderate correlation level.
Keywords: Ask to Learn; Islamic Religious Education; Teacher Gender
Abstrak
Penelitian ini bertolak dari latar belakang bahwa minat belajar seorang siswa merupakan factor terpenting dalam mencapainya proses belajar. Maka seorang guru harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, dalam hal ini ada juga faktor yang mempengaruhi minat belajar salah satunya adalah pengaruh perbedaan jenis kelamin guru, karena guru laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam hal kepribadian dan cara berpikir. Tentu akan menghasilkan proses belajar yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh perbedaan gander guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Amuntai Kabupaten Hulu sungai Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 306 siswa dengan sampel sebanyak 48 orang. Adapun metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif menggunakan metode angket dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan Ha diterima, bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perbedaan jenis kelamin guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan korelasi sedang. Dengan perhitungan menggunakan rumus korelasi product moment sebesar 0,59 dengan tingkat korelasi sedang.
Kata Kunci: Jenis Kelamin Guru, Minta Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta:Kencana Pranada Media Group, 2013).
Ai Suryati, Nina Nurmila Chaerul Rahman, Konsep Ilmu Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Surat AL-Mujadilah Ayat 11 dan Surat Shaad Ayat 29, Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Vol. 04, No. 02, November 2019.
Bintang Kasih Lumban Gaol, patri Janson Silaban, Anton Sitepu, Pengaruh Kemampuan Berpikir kritis Trehadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SD, Jurnal Pajar (Pendidikan & Pengajaran) Vol. 6 No. 3, Mei 2022.
Carl Witherington, Psikologi Pendidikan, Ter. Dari Education Psychoogy oleh M. Buchori, (Jakarta: Aksara Baru, 1978).
Dwi Susanti, Sosiologi, (Surakarta: Pitra Nugraha, 2012).
Edi Dardi, Corry, Mariah S.M Purba, Peranan Guru Dalam Meningkatkan Kaktifan Peserta Didik Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas XI SMK Negeri 2 Penyabungan Tahun Ajaran 2022/2023, Jurnal On Education, Vol. 05, No. 04, Mei-Agustus 2023.
Hany Uswatun Nisa, Rizki Umi Nurbaeti, Nurchalistiani Budiana, Pengaruh Minat Belajar Peseeta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19, Edukatif: Jurnal Pendidikan Vol. 4, No. 1, Tahun 2022.
Ihsanul Hakim, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Curup: LP2 STAIN Curup, 2011).
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung:CV Penerbit Jumanatul Ali-Art, 2004).
M. Alisuf Sabri, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya, 1999), Cet. I.
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014).
Tim Penyusun Kamus dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995), Cet. IV.
Yafie Al-Muhlasin, Ahmad Yusam Tobroni, Karakteristik Peserta Didik Ideal Dalam Tinjauhan Al-qur’an, Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman,, Vol. 6, No. 02, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Budi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
						
							








