Pendidikan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Islam: Suatu Tinjauan Terhadap Kurikulum yang Diajarkan
DOI:
https://doi.org/10.69880/alfurqan.v10i2.72Keywords:
Pendidikan Moderasi, Moderasi Beragama, Perguruan Tinggi IslamAbstract
Abstract
Islamic Higher Institution is one of the Islamic educational institutions that often suspected of being a place for the spread of radicalism and terrorism. Even though this institution is a place for intellectuals who are used to having different opinions, respecting others and even being tolerant of groups outside of them. This institution should get the title of the most moderate educational institution in the hierarchy of Islamic educational institutions, not the other way around. This research was conducted on the curriculum taught in Islamic Higher Institutions to see religious moderation education in environment. The method used in this research is library research which is included in the qualitative research category. Library research is research that limits activities only to library collection materials and document studies without conducting field research. The results of this study conclude that Islamic Higher Institutions are one of the Islamic educational institutions that have organized religious moderation. This is reflected in the curriculum or courses taught at the Islamic Higher Institution which accommodates all indicators of religious moderation. As for the courses that form an attitude of religious moderation, namely Pendidikan Pancasila, Ilmu Perbandingan Agama, Ilmu Fiqh, Ilmu Sosial Budaya dasar and other subjects.
Keyword: Education Moderation, Religious Moderation, Islamic High School
Abstrak
Perguruan Tinggi Islam merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang sering diduga sebagai tempat penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Padahal lembaga ini merupakan tempat para intelektual yang sudah terbiasa berbeda pendapat, menghargai sesama bahkan toleran terhadap kelompok diluar mereka. Lembaga ini seharusnya mendapatkan julukan lembaga pendidikan Islam paling moderat dalam hierarki lembaga pendidikan Islam bukan malah sebaliknya. Penelitian ini dilakukan terhadap kurikulum yang diajarkan di Perguruan Tinggi Islam untuk melihat pendidikan moderasi beragama dilingkungan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif. Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perspustakaan dan studi dokumen tanpa melakukan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Perguruan Tinggi Islam merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah menyelenggarakan pendidikan moderasi beragama. Hal ini tergambar dari kurikulum atau mata kuliah yang diajarkan di Perguruan Tinggi Islam tersebut yang mengakomodir seluruh indikator moderasi beragama. Adapun beberapa mata kuliah yang membentuk sikap moderasi beragama yaitu Pendidikan Pancasila,Ilmu Perbandingan Agama, Ilmu Fiqh, Ilmu Sosial Budaya Dasar dan mata kuliah lainnya.
Kata Kunci :Pendidikan Moderasi,Moderasi Beragama, Perguruan Tinggi Islam
Downloads
References
Arifinsyah, Ilmu Perbandingan Agama : Dari Regulasi ke Toleransi, Medan: Perdana Publishing,2018
Kementrian Agama Republik Indonesia, Moderasi Beragama, Jakarta: Kemenag,2019
Nasution,S ., Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Citra Aditya Bakti,1993
RISTEDIKTI, Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi: Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum, Jakarta : RISTEDIKTI,2016
Shihab, Quraish, Wasathiyyah:Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama, Jakarata : Lentera Hati,2019
Sitohang, Amri, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Semarang: Semarang University Press,2008
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
UIN Imam Bonjol, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Padang:-
UIN Jakarta, Pedoman Akademik Program Strata 1 2019/2020
Wati,Eka, “Moderasi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Deradikalisasi Agama di Indonesia” ,Istiqro’,Vol.XVI,Nomor 1, (2018)
Zuhaili, Wahbah , Fiqh Islam wa Adillatuhu, Jakarta : Gema Insani,2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Raja Muhammad Kadri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
						
							








