Kemampuan Tajwid Guru-Guru TPQ / MDTA Bersertifikasi di Kecamatan Payakumbuh Utara

Authors

  • Zendra Rosada Naska Zendra Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh
  • Yenni STAI Darul Quran Payakumbuh
  • Rizqi STAI Darul Quran Payakumbuh
  • Marwit Irianto STAI Darul Quran Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.69880/alfurqan.v10i2.74

Keywords:

Kemampuan, Tajwid, TPQ-MDTA

Abstract

Abstrak

Pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh, Bidang Kesra terhadap guru-guru TPQ / MDTA yang ada di kota Payakumbuh. Sebagai kota kecil yang sangat strategis dan penghubung antar provinsi, perlahan namun pasti Payakumbuh menjadi kampung Al-Qur’an ini dibuktikan dengan banyaknya muncul sekolah-sekolah Islam, pondok pesantren, pondok tahfizh dan rumah Qur’an. Untuk mengimbangi dan mengikuti fenomena diatas, agar TPQ dan MDTA tidak kehilangan santri dan kalah bersaing,maka Pemerintah Kota Payakumbuh Bagian Kesra mengadakan pembinaan dan sekaligus memberikan sertifikasi bagi guru-guruTPQ dan MDTA yang ada di kota Payakumbuh. Yang mana selanjutnya guru-guru yang lulus mendapatkan sertifikat A, B atau C dengan jumlah 25 orang, diiringi dengan pemberian insentif.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang menggambarkan isi data yang ada yaitu mendeskripsikan datayang dikumpulkan berupa kata-kata,gambar, dan bukan angka. Dalam penelitian ini dipiilih guru-guru TPQ dan MDTA bersertifikasi di kecamatan Payakumbuh Utara yang berjumlah 25 orang dengan rincian sertifikasi A satu orang, sertifikasi B sembilan orang dan sertifikasi C lima belas orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat.Hasil dari penelitian ini adalah di temukan kemampuan guru-guru TPQ/MDTA Bersertifikat berdasarkan kriteria peenilaian yakni: penilaian sangat bagus sebanyak 19 orang responden, kriteria bagus 5 orang responden, sedangkan kategori dengan nilai cukup terdiri dari 1 orang responden. Adapun responden yang mengalami kesalahan makharijul huruf terdiri dari : ب (1 orang), ت (1 orang), ث (3 orang), ذ (2 orang), د (3 orang), ز (2 orang), س (2 orang), ش (2 orang), ص ( 2 orang), ض ( 2 orang), ط ( 2 orang), ظ (3 orang), ق (1 orang), ك (1 orang), ه (1 orang). Berkenaan hukum Nun Sukun dan Tanwin terdapat kesalahan idgham 3 orang, iqlab 1 orang, ikhfa 4 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari Abdullah ,Pelajaran Tajwid, Surabaya: Apollo Lestari, 1987

As’ad Humam, Ilmu Tajwid, Darul Kitab

Acep Iim Abdurohim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Diponegoro

A. Mas’ud Sjafi’I, Pelajaran Tajwid, Semarang : MG

Ahmad Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dan Ilmu Tajwid, Pustaka Al Kautsar

Abdurrahman BN, Ihat El Syuja BN, Belajar Tahsin Untuk Pemula, Kaysa Media

Andri Yanto Syamsudin, Ilmu Tajwid Lengkap, BISA

Ahmad Sunarto, Buku Pintar Ilmu Tajwid, Surabaya: Pustaka Agung Harapan

Ahmad Muhammad Mu’abbad, Panduan Lengkap Ilmu Tajwid ,Taqiya Publishing 1

Abubakar, Asnandar, 2015. Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kualitas Pendidikan Pada

Ahyan, Mohammad yusuf sya’bani, Profesi Keguruan Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat, Gresik: Caremedia Comunication, Cetakan 1,2018

Al-Juraisy Muhammad Makki Nashr, Panduan Lengkap Ilmu Tajwid, Fathan Prima Media

An-Nawawi Imam, Riyadhus Shalihin, Pustaka Assunah: 2009

Bahri, Saiful. Buku Panduan Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ). Blitar: Pon.Pes. Nurul Iman, 2010.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahnya, Bandung : 2005

Deski, Ahmad, Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Payakumbuh: STAIDA

Djamarah Syaiful Bahri, Guru Sebagai Tenaga Profesional, 1994

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.Panduan

Penyelenggaraan di Madrasah Takmiliyah. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2015.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. 2015.

Panduan Penyelenggara di Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Efendi Anwar, Bimbingan Tahsin & Tajwid Utsmani, Darus Sunnah

Fajriyah Na’im, at-tahsin Belajar Membaca Al-Qur’an dengan Rasm Utsmani, Pelita Ilmu

Hanafi, Pelajaran Tajwid Praktis Dan Lengkap, Jakarta: Bintang Indonesia

Humam, Pengertian Taman Pendidikan Al-Qur’an.https : // Wawasan Pengajaran, blogspot.com 1991 : 11 http://www.jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/204/187 diakses pada 28 Mei 2020

Imam Zarkasyi, Pelajaran Tajwid, Percetakan Trimurti

KBBI.(2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id

Mansur, PAUDYogyakarta : Pustaka Pelajar, 2005

Madrasah Aliyah Di Kota Kendari.Jurnal Al-Qalam. 21(1).

Mufti M.Isham al-Qudhat, Panduan Lengkap Belajar Ilmu Tajwid Otodidak,Turos

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Zendra, Z. R. N., Rahman, Y., Rizqi, M., & Irianto, M. (2023). Kemampuan Tajwid Guru-Guru TPQ / MDTA Bersertifikasi di Kecamatan Payakumbuh Utara. Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-qur’an Bahasa Dan Seni, 10(2), 111–123. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v10i2.74